my style

my style
sparing partner

Jumat, 01 April 2011

lokasi pariwisata terindah seputaran lombok

 tourism around of lombok island

pulau lombok merupakan pulau kecil dari begitu banyaknya pulau-pulau di indonesia, pulau lombok terletak disebelah timur pulau 'bali." pulau lombok masuk dalam wilayah propinsi NTB dengan ibukotanya 'mataram' merupakan pulau yang masih memiliki begitu banyak tempat-tempat indah yang sudah kesohor hingga seluruh dunia. lombok yang terkenal akan keindahan pantai dan pasir putihnya, sudah mampu dikatakan setara dengan 'bali'. ini terlihat dengan begitu banyak dan meningkatnya jumlah tamu baik dari mancanegara maupun lokal setiap tahunnya.
ada beberapa tempat yang masih merupakan lokasi pariwisata andalan bagi lombok, diantaranya;
1. pantai senggigi.
pantai senggigi terkenal akan keindahannya di seluruh penjuru dunia dengan pemandangan yang menawan dan pasir putih yang mengitari bibir pantai, mampu menjadikan pantai ini sebagai pantai terindah dari sekian banyak tempat pariwisata di seluruh dunia. pantai senggigi menjadi tempat tujuan utama para pelancong baik lokal maupun mancanegara, hanya untuk menyaksikan dan menikmati keindahan karunia Tuhan ini. sepanjang pantai senggigi terdapat banyak hotel-hotel dan tempat penginapan lainnya dengan tarif menginap yang tidak terlalu memberatkan para pelancong. para pelancong juga dapat menikmati makanan khas lombok yang begitu khas akan rasanya di sepanjang pantai ini.
2. gili trawangan.
gili trawangan merupakan salah satu tempat tujuan para pelancong ke pulau lombok, gili trawangan terletak di sebelah utara pulau lombok yang besar pulau ini kurang lebih 12km jika kita ingin mengitarinya.
gili trawangan dengan seluruh pasir putihnya juga menyajikan alam bawah laut yang indah dengan terumbu karang yang masih asri dan terjaga dengan baik. gili trawangan akan lebih indah terlihat di malam hari dengan warna-warni lampu dari seluruh hotel-hotelmaupun villa yang hampir setiap malam menyajikan night party untuk menghibur para pelancong yang menginap disana. pulau ini lebih didominasi oleh para pelancong dari mancanegara dibandingkan dengan penduduk setempat ataupun pelancong lokal. gili trawangan adalah syurga bagi para pelancong mancanegara maupun lokal. para pelancong yang datang kesini, akan langsung dapat merasakan dan menikmati pulau yang indah ini.
3. gili air dan gili meno.
kedua gili ini merupakan pulau kecil yang terletak disebelah gili trawangan yang menyajikan keindahan yang tidak kalah menarik dengan gili trawangan. kedua gili ini merupakan tempat atau pusat bertelurnya penyu disetiap bibir pantainya. gili meno juga memiliki sebuah danau yang indah yang dikatakan memiliki niai eksotik yang dapat membuat para pelancong yang datang akan betah untuk menetap lebih lama di pulau ini.
4. taman narmada dan taman suranadi
kedua taman ini merupakan tempat pariwisata andalan bagi warga atau pelancong lokal yang ingin berekreasi bersama kelurga atau orang-orang tersayang. karena keindahan taman dan kolam-kolam pemandian serta beberapa mata air jernih asli dari pegunungan. kedua taman ini merupakan peninggalan kerajaan pada masa silam, dengan masih menyisakan sisa-sisa kuil atau pura peninggalan sejarah dan selalu terjaga keasriannya. bagi pelancong yang ingin berkunjung ketempat ini, akan dapat menikmati dinginnya mata air asli pegunungan yang dikatakan bersumber langsung dengan pegunungan rinjani.
5. air terjun sendang gila, gangga, otak kokok, dan banyak lagi lainnya.
pulau lombok juga memiliki banyak tempat-tempat pemandian bagi para pelancong yang ingin menikamti keindahan air terjun dari pegunungan yang masih asri dan bersih. salah satu tujuan favorite pelancong adalah air terjun sendang gila, dengan pemandangan gunung dan hutan yang masih asri dan jalan setapak yang dapat dinikmati sepanjang jalan menuju lokasi ini. air terjun sendang gila terletak disebelah utara pulau lombok tepatnya berada di kecamatan bayan kabupaten lombok utara. para pelancong di tempat ini hampir tidak pernah sepi dari keramaian yang hanya ingin menyaksikan dan menikmati sentuhan alam akan keindahan air terjun ini.
6. pantai kuta.
kuta bukan hanya ada di bali, di pulau lombok pun terdapat sebuah pantai bernama pantai kuta. pantai ini juga merupakan pantai yang sudah dikenal diseluruh mancanegara karena keindahan akan pemandangan yang disajikan dan pasir putih yang berbeda dengan pantai-pantai yang lain, dengan butiran pasir yang lebih besar. pantai kuta juga terkenal karena setiap tahunnya selalu diadakan tradisi oleh suku sasak (suku asli pulau lombok) untuk mengadakan suatu ritual yang biasa di sebut "bau nyale"
nyale adalah hewan laut berupa cacing yang memiliki warna berbeda-beda. suku sasak percaya akan mitos asal-usul hewan tersebut yang berasal dari titisan seorang putri dari kerajaan lombok pada masa lampaunya.
7. gunung rinjani.
gunung tertinggi ke-3 di indonesia ini, merupakan gunung yang memiliki banyak keindahan dan tempat-tempat rekreasi yang menjanjikan suatu kepuasan bagi para pelancong. gunung rinjani yang di atasnya terdapat sebuah danau yang dikenal dengan danau 'segaranak' selalu membuat para pelancong yang mendaki merasakan kegagahan dan keagungan gunung ini.
sebenarnya ada banyak lagi tempat-temapt indah maupun tradisi-tradisi menarik yang penulis ingin jelaskan kepada pembaca. namun, mengingat begitu banyaknya bahkan masih terdapat ratusan objek pariwisata indah di pulau lombok tak kan mungkin untuk penulis jabarkan semuanya. untuk lebih mengenal pulau lombok, sebaiknya pembaca tinjau langsung lokasi-lokasi yang penulis jelaskan diatas. penulis janjikan, pembaca akan merasakan perbedaan yang sangat menggugah hati pembaca akan keindahan pulau lombok.
selamat berpetualang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar